Komunitas Online
Pengertian komunitas
online:
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Rheingold, dalam The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier (1993, p. 5) menawarkan de3finisiu sebagai berikut:
Yaitu agregat social yang berbaur
menggunakan media bantun internet, dimana sekumpulan orang melakukan diskusi
public yang cukup panjang, dengan perasaan manusiawi yang wajar, dan membentuk
suatu hubungan jejring hubungan personal didunia maya. Definisi ini menitik
beratkan pada agregasi social antar anggotanya, jaringan komunikasi, diskusi
pada jangka waktu yang cukup lama, perasaan dan hubungan.
Kozinet (2000) membedakan komunitas virtual sebagai 5 aspek pembedanya sebagai dasar pembedanya, yaitu:
1.
Boards. Berfungsi sebagai papan bulletin elektronik (usenet atau
newsgroup)
2.
Rings. Yaitu sebuah web yang berfungsi sebagai aggregator web
page yang lain yang disusun secara tematik.
3.
Lists. Yaitu senai surat elektronik yang disatukan pada topic
atau minat tertentu.
4.
Dungeons. Yaitu sebuah lokasi virtual bertema, dimana dimana interaksi
distrukturisasi dengan peraturan tertentu. Misalnya multu user platform seperti
yang terdapat pada permainan-permainan RPG (Role Playing Game), misalnya Final
Fantasy, Counter Strike, dan lain-lain
5.
Chat rooms. Yaitu lokasi virtual yang tidak bertema, kurang
terorganisir, topiknya bias bermacam-macam.
Berikut adaloah panduan
bagaimana membuat komunitas online:
1.
Sebagai motivasi untuk
berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman
dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
2.
Buat agar komunitas mampu
berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah
jalan sebagai motivasi untuk berbagai informasi
3.
Untuk membangun reputasi,
dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang
memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai
kontribusinya.
Macam-Macam Komunitas
Online
Macam-macam komunitas online itu seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Macam-macam komunitas online itu seperti membuat situs jejaring sosial, dan forum. Banyak perusahaan E-Commerce yang telah sukses dan mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena membangun komunitas online, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dll.
Peranan Komunitas Online
dalam Masyarakat.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh
komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan
ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah
yang berkuasa.
Manfaat komunitas online.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Solusi forum komunitas online adalah
hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa
saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika
online. Di Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak
mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
Melalui komunitas online lah kita bisa
saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di
Indonesia dan bagus di mata dunia.
Sumber :
Rizka. (2012,22 Oktober).Diperoleh (09 November 2013), dari http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/
Meidi. (201, 22 Oktober).Diperoleh (09 November 2013), dari http://meidi-rendi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
Cahyaintan.(2013,1 November).Diperoleh (09 November 2013), dari http://cahyaintanp.wordpress.com/2013/11/01/pti-komunitas-online/
Dedeh89.(2012,15 Oktober).Diperoleh (09 November 2013), dari http://dedeh89-psikologi.blogspot.com/2012/10/komunitas-online.html
Komentar
Posting Komentar